YKI Sosialisasi Penanggulanan Kanker dan Pemeriksaan IVA Test di Kecamatan Siabu

SIABU,-Yayasan Kanker Indonesia (YKI) Kabupaten Mandailing Natal (Madina) melakukan sosialisasi penanggulangan kanker dan pemeriksaan Inspeksi Visual dengan Asam asetat (IVA Test) di Aula Kantor Camat Siabu, Rabu (2/2/2022).

Turut hadir Ketua Tim Penggerak Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (TP-PKK) sekaligus menjabat sebagai Ketua YKI Cabang Madina, Nyonya Hj Ely Mahrani Jafar Sukhairi Nasution, rombongan Direktur Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Panyabungan dan Forum Koordinasi Pimpinan Kecamatan (Forkopimcam) setempat.

Camat Siabu, Ali Himsar Nasution S.Pd berharap kepada peserta dapat mendengarkan dengan baik tujuan sosialisasi tersebut, karena berguna untuk mencegah terjadinya penyakit kanker pada pribadi seseorang.

Nyonya Ely Mahrani menyampaikan, kepengurusan YKI Madina baru saja terbentuk. Beliau merasa perlu ikut berpartisipasi dalam rangka melakukan deteksi dini kanker maupun mengedukasi masyarakat dan pemerintah sehingga pelayanan terhadap penderita penyakit kanker dapat diberikan secara adil dan merata.

“Hal ini sesuai dengan tema peringatan hari kanker sedunia yakni stop kesenjangan pelayanan pada penderita kanker, ini berarti perlu upaya-upaya kita semua agar setiap penderita kanker dapat terlayani secara baik dan tanpa membeda-bedakan status ekonomi, suku, agama, dan ras bagi penderita kanker,” ujarnya.

Nyonya Ely juga menyebut saat ini kanker merupakan penyebab kematian nomor satu pada wanita dan WHO mencatat 460 ribu kematian akibat kanker payudara setiap tahunnya. Selain itu, kanker mulut rahim atau serviks juga merupakan kanker yang banyak diderita oleh kaum wanita.

Saat ini dengan pemeriksaan deteksi dini melalui PAP Smear ataupun melalui IVA Test, kanker leher rahim pada stadium dini dapat terdeteksi sehingga pengobatan lebih cepat diberikan.

“Tujuan dilaksanakannya sosialisasi kanker ini agar kita mempunyai pemahaman tentang bagaimana kita mengenali kanker secara dini dan juga tentu paling diharapkan bagaimana kita dapat melakukan pencegahan sebelum terjadinya kanker,” ungkapnya

Sebelum melakukan sosialisasi penanggulan kanker dan pemeriksaan IVa Test, rombongan YKI pertama melakukan kunjungan ke SMA Negeri 2 Plus bertempat di Pusat Pendidikan Komplek STAIN Madina.