Wakil Bupati Mandailing Natal Hadiri Grand Final Lomba Kreatif Kopi Mandailing

Panyabungan, – Bertempat di Aula Dinas Ketahanan Pangan Kabupaten Mandailing Natal, Wakil Bupati Mandailing Natal, Atika Azmi Utammi, B.App, Fin, M.Fin., turut menyaksikan grand final Lomba Kreatif Kopi Mandailing dalam rangka menyemarakkan Hari Ulang Tahun (HUT) RI ke-76 tingkat Kabupaten Mandailing Natal, Rabu (25/08/2021).

Dengan menghadirkan enam finalis yaitu Amar Nasution, Ahmad Yogi Batubara, Yusnan Daulay, M. Ibrahim, Ahmad Bakri Pulungan dan Sefrio Kurniawan yang berhasil masuk babak final dari sembilan peserta yang berpartisipasi dalam Lomba Kreatif Kopi Mandailing kali ini.

Mengawali acara grand final Lomba Kreatif Kopi Mandailing, dimulai dengan sambutan dari Panitia Pelaksana dalam hal ini dikomandoi oleh Kepala Dinas Pariwisata Kabupaten Mandailing Natal, Ahmad Yasir Lubis, SP. Dalam sambutannya, pria yang mudah senyum tersenyum menyatakan bahwa lomba kreatif kopi Mandailing ini dilaksanakan untuk menumbuhkembangkan bakat kreatifitas generasi milenial dalam menyuguhkan dan meracik cita rasa kopi mandailing.

“Lomba Kreatif Kopi Mandailing yang digelar dalam menyemarakkan HUT RI ke-76 ini, bermula dari keinginan kita untuk mempromosikan kopi Mandailing. Rangkaian kegiatan lomba ini dibagi dalam dua tahap, yaitu penilaian video yang menguraikan alur cerita proses pengolahan kopi mulai dari kebun, panen kopi, pemisahan dari kulit, pemilihin biji kopi, penjemuran, sampai dengan penyuguhan kopi.” Ucap Kepala Dinas Pariwisata Kabupaten Mandailing Natal dalam sambutannya.

“Dari sembilan peserta yang mengirimkan videonya ke Panitia, telah dipilih 6 orang finalis dan hari mereka kembali kita adu untuk menyuguhkan racikan terbaik dalam menghasilkan cita rasa kopi Mandailing, kepada peserta selamat bertanding, dan semoga berhasil menjadi juara.” Sambung Kepala Dinas Pariwisata Kabupaten Mandailing Natal mengakhiri sambutannya.

Disela-sela presentasi dan suguhan racikan kopi yang dihidangkan peserta lomba, terlihat Wakil Bupati Mandailing Natal turut menjadi juri dadakan dengan mencicipi setiap racikan kopi yang dilakukan oleh ke enam finalis. Terlihat raut wajah orang nomor dua di kabupaten Mandailing Natal tersebut sumringah dan sangat menikmati hasil racikan kopi Mandailing yang disuguhkan para Finalis.

Setelah mempresentasikan deskripsi video dan menampilkan racikan terbaik untuk menghasilkan cita rasa kopi nikmat, akhirnya terpilih menjadi Juara Lomba Kreatif Kopi Mandailing dalam rangka menyemarakkan HUT RI ke-76 tingkat Kabupaten Mandailing Natal adalah : Amar Nasution (Juara I), Ahmad Yogi Batubara (Juara II), Yusnan Daulay (Juara III), M. Ibrahim (Juara Harapan I), Ahmad Bakri Pulungan (Juara Harapan II) dan Sefrio Kurniawan (Juara Harapan III).
Adapun hadiah yang diberikan kepada pemenang adalah Juara I berupa Uang Tunai Rp 3.000.000,- + Trophy + Piagam, Juara II berupa Uang Tunai Rp 2.000.000,- + Trophy + Piagam, Juara III berupa Uang Tunai Rp 1.000.000,- + Trophy + Piagam, Juara Harapan I berupa Uang Tunai Rp 700.000,- + Piagam, Juara Harapan II berupa Uang Tunai Rp 500.000,- + Piagam dan Juara Harapan III berupa Uang Tunai Rp 300.000,- + Piagam.