Wakil Bupati Madina Tanam Perdana Bawang Merah di Desa Manyabar

Panyabungan,- Wakil Bupati Mandailing Natal, Atika Azmi Utammi, B.App, Fin, M.Fin., melaksanakan kegiatan tanam perdana Bawang Merah di Desa Manyabar Jae Kecamatan Panyabungan, dalam rangka menggiatkan aktivitas perkebunan di tengah pandemi Covid-19. Turut mendampingi Wakil Bupati termuda se-Indonesia tersebut diantaranya, Kepala Dinas Pertanian, Siar Nasution, SP., Kepala Bagian Protokol dan Komunikasi Pimpinan, Wildan Nasution, S.Sos, Camat Panyabungan, Kepala Desa Manyabar dan sejumlah Kelompok Tani Karya Bersama Desa Manyabar Jae Kecamatan Panyabungan, Kamis (12/8/2021).

Pelaksanaan tanam perdana Bawang Merah di Desa Manyabar Jae Kecamatan Panyabungan ini merupakan bantuan program yang bersumber dari Anggaran Pendapatan Belanja Negara (APBN) tahun 2021. Dalam sambutannya, orang nomor dua di Kabupaten Mandailing Natal ini menjelaskan bahwa kunjungannya tersebut bertujuan menyalurkan bantuan Pemerintah Pusat dalam hal ini Kementerian Pertanian Republik Indonesia yang diberikan kepada Kelompok Tani Karya Bersama Desa Manyabar Jae Kecamatan Panyabungan.

“Hari ini atas nama Pemerintah Pusat dalam hal ini Kementerian Pertanian Republik Indonesia memberikan bantuan berupa bibit Bawang Merah sebanyak 3,5 ton yang akan ditanam dilahan seluas sekitar 5 hektar dan bantuan pupuk bersubsidi sebanyak 2,5 ton. Kepada Kelompok Tani Karya Bersama Desa Manyabar Jae Kecamatan Panyabungan, kami sampaikan ucapan terimakasih dan rasa syukur, alhamdulillah selama ini telah dapat membantu masyarakat kurang lebih 32 rumah tangga,” Ujar Wakil Bupati Mandailing Natal yang masih berusia 28 tahun tersebut.

Program bantuan pemerintah pusat tersebut bertujuan untuk mengurangi beban masyarakat yang terdampak langsung akibat pandemi covid-19. Dimasa mendatang, Wakil Bupati termuda se-Indonesia tersebut berharap Kabupaten Mandailing Natal akan menjadi produsen bawang merah yang mampu memenuhi kebutuhan di wilayah Tapanuli Bagian Selatan (Tabagsel) bahkan mampu memenuhi kebutuhan ditiingkat provinsi. Orang nomor dua di Kabupaten Mandailing Natal tersebut juga meminta kepada pengurus kelompok tani dan kepala desa setempat agar mendirikan koperasi atau BUMDes sehingga pasca panen, kelompok tani tidak hanya mampu memproduksi bawang merah semata, tetapi juga memproduksi bawang goreng yang semakin laris dipasaran.

“Pemerintah Daerah Kabupaten Mandailing Natal siap berkordinasi dalam hal menyelesaikan masalah dari hulu hingga ke hilir karena pada akhirnya ini semua bermuara pada peningkatan kesejahteraan masyarakat Mandailing Natal,” Ucap Wakil Bupati yang kelihatan anggun dengan hijabnya.

Wakil Bupati Mandailing Natal juga menyatakan bahwa saat ini Kabupaten Mandailing Natal telah memiliki beberapa jenis varietas bibit yang dikembangkan dalam sektor pertanian termasuk bibit padi, bibit ikan dan bibit jeruk, Pisang Barangan dan cabai yang sedang di kembangkan di wilayah Kecamatan Siabu. Disela-sela penanaman perdana Bibit Bawang Merah tersebut, Wakil Bupati Mandailing Natal berharap kepada insan pers baik media cetak maupun media online agar nantinya ikut serta mempublikasikan sekaligus mempromosikan ke masyarakat mengenai bantuan yang masuk ke daerah kita, baik dari Pusat, Provinsi hingga Daerah. Semuanya ini bertujuan untuk mengurangi beban masyarakat yang terdampak pandemi Covid-19.