Wakil Bupati Madina Serahkan Zakat, Infaq dan Shodaqoh di Masjid Agung Nur Ala Nur

Panyabungan, Diskominfo – Wakil Bupati Mandailing Natal (Madina) Atika Azmi Utammi Nasution menyerahkan Zakat, Infaq dan Shodaqoh (ZIS) di Masjid Agung Nur Ala Nur, Desa parbangunan, Panyabungan, Senin (27/6/2022). Kegiatan ini diselenggarakan oleh Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Kabupaten Madina.

Penyerahan ZIS tersebut dihadiri, Kakan Kemenag Drs H Permohonan, Ketua BKM Mesjid Agung Nur Ala Nur, M. Amin Rangkuty, serta Kepala OPD Pemkab Madina.

Ketua Baznas Madina Drs Syafei Lubis mengatakan baznas merupakan institusi pemerintah non struktural, memiliki tanggung jawab untuk mengumpulkan dan mendistribusikan zakat.

Syafei menyampaikan baznas Madina memiliki lima program kerja, yaitu, Madina takwa, Madina cerdas, Madina sehat, Madina peduli, dan Madina makmur.

Program Madina Cerdas, kata Syafei diberikan kepada 90 orang mahasiswa dengan jumlah Rp. 1jt per orang, siswa SD 31 orang, jumlah bantuan Rp. 350.000 per orang, dan tingkat MTs 10 orang dengan jumlah bantuan Rp 500.000 per orang.

Sementara, sasaran program Madina taqwa ada lima mesjid, 1 TPQ dan 1 MDTA dengan jumlah bantuan bervariasi.

“Kedepannya, untuk Madina Sehat, kita akan melakukan kerjasama dengan RSUD Panyabungan,” kata Syafei.

Wakil Bupati Madina Atika Azmi Utammi Nasution dalam arahannya mengapresiasi baznas yang cekatan dan transparan dalam mengelola dana zakat yang dikumpulkan.

“Kami mengucapkan terimakasih kepada seluruhnya yang sudah menyalurkan zakat melalui baznas, dan saya berharap kepada penerima agar dipergunakan sebaik-baiknya,” ujar Atika Azmi.

Lebih lanjut, Wakil Bupati termuda di Indonesia itu menyampaikan penyaluran zakat ini bukan bagian program dari Pemda Madina, melainkan kolaborasi antara Pemda Madina dan baznas untuk bersama-sama memajukan Madina.

“Tolong menolong bagian dari amal sosial kita yang tidak kalah pentingnya dari ibadah formal kita, ini adalah sinergi dan kolaborasi Pemda dan Baznas Madina,” tutup Atika.(*)