TKPSDA WILAYAH II SUMUT DAN SUMBAR AUDIENSI DENGAN BUPATI MANDAILING NATAL TENTANG PENGELOLAAN SUNGAI BATANG NATAL DAN SUNGAI BATANG BATAHAN

Bupati Mandailing Natal, Drs. H. Dahlan Hasan Nasution, memberikan sambutan saat menerima audiensi Tim Koordinasi Pengelolaan Sumber Daya Air (TKPSDA) Wilayah II Sumut dan Sumbar tentang pengelolaan Sungai Batang Natal, Madina dan Sungai Batang Batahan, Pasaman Barat, di Rumah Dinas, Panyabungan (19/06/2019)

 

Diskominfo – Madina. Bupati Mandailing Natal, Drs. H. Dahlan Hasan Nasution, menerima kunjungan sekaligus audiensi Tim Koordinasi Pengelolaan Sumber Daya Air (TKPSDA) Wilayah II Sumut dan Sumbar, di Rumah Dinas Bupati Madina, Rabu Sore (19/06/2019). Kunjungan Tim Koordinasi Pengelolaan Sumber Daya Air (TKPSDA) Wilayah II Sumut dan Sumbar  ini dimaksudkan untuk membahas tentang pengelolaan Sumber Daya Air Sungai pada dua sungai yang membentang disepanjang wilayah Kabupaten Mandailing Natal, Provinsi Sumatera Utara dan Kabupaten Pasaman Barat, Provinsi Sumatera Barat. Kedua sungai yang dibahas adalah Sungai Batang Natal yang berada di Kabupaten Mandailing Natal dan Sungai Batang Batahan yang berada di Kabupaten  Pasaman Barat. Tim Koordinasi ini akan melakukan peninjauan secara langsung terhadap kedua sungai dimaksud akibat dampak banjir yang terjadi sekitar bulan Oktober 2018 yang lalu.

Bupati Mandailing Natal, Drs. H. Dahlan Hasan Nasution dalam menerima kunjungan dan audensi Tim Koordinasi Pengelolaan Sumber Daya Air (TKPSDA) Wilayah II Sumut dan Sumbar ini, didampingi sejumlah pimpinan OPD Pemkab Mandailing Natal yang terkait dengan urusan pengelolaan Sumber Daya Air (sungai). Dalam kesempatan tersebut Bupati Mandailing Natal menyampaikan apreasiasi atas kunjungan sebagai bentuk perhatian dan kepedulian akan kelestarian lingkungan khususnya Daerah Aliran Sungai. Disamping itu, Bupati Mandailing Natal juga mengharapkan tim ini nantinya saling berkoordinasi dalam meninjau dan menganalisis kondisi Sumber Daya Air yang dimiliki oleh kedua sungai tersebut baik Sungai Batang Natal yang berada di Kabupaten Mandailing Natal dan Sungai Batang Batahan yang berada di Kabupaten  Pasaman Barat, sehingga dampak banjir apabila terjadi dikemudian hari  dapat diminimalisir.

 

Bupati Mandailing Natal, Drs. H. Dahlan Hasan Nasution photo bersama disela-sela kunjungan sekaligus audiensi Tim Koordinasi Pengelolaan Sumber Daya Air (TKPSDA) Wilayah II Sumut dan Sumbar, di Rumah Dinas Bupati Madina, Rabu Sore (19/06/2019)

 

Kepada Tim Koordinasi yang diterimanya, Bupati Mandailing Natal menyampaikan akan berkoordinasi dengan Kementerian Sumber Energi dan Sumber Daya Mineral dalam pengelolaan sungai-sungai di Kabupaten Mandailing Natal termasuk sungai Batang Gadis dan sungan Batang Natal. Mengingat luasnya wilayah sungai yang dikelola, Bupati Bupati Mandailing Natal mengharapkan kunjungan kali ini menghasilkan suatu rumusan yang sempurna sehingga pengelolaan Sumber Daya Air (sungai) di kedua sungai tersebut semakin maksimal dan dapat difungsikan bukan hanya sebagai sumber mata air bagi masyarakat disekitar aliran sungai tersebut, melainkan dapat dijadikan sebagai sumber air bagi pertanian dan perkebunan khususnya areal persawahan baik yang berada di Kabupaten Mandailing Natal maupun Kabupaten Pasaman Barat.

Disamping itu pengelolaan Sumber Daya Air (sungai) yang baik dapat juga difungsikan sebagai tempat wisata yang indah dan asri sehingga secara langsung atau tidak, keberadaan wisata itu berimbas positif dalam meningkatkan kegiatan perekonomian masyarakat disekitar wilayah aliran sungai tersebut.

 

 

Tim Redaksi