Rapat Penanganan Asap Karhutla dan Himbauan Bupati Mandailing Natal

Diskominfo – Madina. Bupati Mandailing Natal, Drs. H. Dahlan Hasan Nasution diwakili oleh Sekretaris Daerah Mandailing Natal, Drs. Syahnan Batubara, MM pimpin rapat dalam rangka penanganan dampak asap kebakaran hutan dan lahan (karhutla) di Kabupaten Mandailing Natal. Rapat ini dilaksanakan di Aula Kantor Bupati, Komplek Perkantoran Payaloting, Panyabungan Kabupaten Mandailing Natal. Senin (23/09/2019).


Rapat ini turut serta dihadiri oleh Kapolres Mandailing Natal, AKBP Irsan Sinuhaji, S.iK, MH, Para Asisten di lingkungan Pemerintah Kabupaten Mandailing Natal, Staf Ahli di lingkungan Pemerintah Kabupaten Mandailing Natal, dan Kepala OPD Pemerintah Kabupaten Mandailing Natal.

Dari Hasil Rapat sementara arahan Pemerintah Kabupaten Mandailing Natal:
Agar OPD terkait membuat jadwal Rapat Koordinasi Lanjutan sebagai implementasi hasil rapat di Kantor Gubernur Sumatera Utara dalam penanganan karhutla dan asap kiriman di wilayah Kabupaten Mandailing Natal.

Kegiatan aksi penanganan karhutla dan asap kiriman di wilayah Kabupaten Mandailing Natal harus melibatkan pihak-pihak perusahaan perkebunan dan stakeholder yang ada di Kabupaten Mandailing Natal sehingga penanganan karhutla di wilayah Kabupaten Mandailing Natal dapat diantisipasi secara dini.

dan Arahan dari Kapolres Mandailing Natal bahwa :
Dalam penanganan karhutla di wilayah Mandailing Natal harus dideteksi secara dini sehingga tidak menimbulkan pengangkatan isu bahwa pihak Pemerintah tidak tanggap dalam penanganan karhutla dan perlu dilakukan pembentukan pokja karhutla.

Terkait penggembosan isu asap yang sudah menjadi permasalahan nasional maka pihak Pemerintah Kabupaten Mandailing Natal harus pro aktif menjadi filterisasi di tengah-tengah masyarakat bahwa Pemerintah Pusat sudah melakukan upaya penanggulangan secara kontinyu terhadap gangguan asap di Indonesia yang diakibatkan oleh karhutla serta penanganan secara hukum terhadap para pelaku juga sudah berjalan.

Pihak Pemerintah Kabupaten Mandailing Natal harus pro aktif membangun komunikasi dan koordinasi dengan stakeholder lainnya guna mengantisipasi pemanfaatan isu oleh pihak yang tidak bertanggung jawab untuk mengganggu stabilitas kamtibmas di Kabupaten Mandailing Natal terkait isu kiriman asap di Kabupaten Mandailing Natal serta berimplikasi terhadap Program Pemerintah Pusat.

Polres Mandailing Natal sebagai mitra kerja pemerintah Kabupaten Mandailing Natal tetap siap mendukung program pemerintah Kabupaten Mandailing Natal dalam penanganan karhutla dan pengendalian asap kiriman, dimana diketahui bahwa asap kiriman sudah mulai menimbulkan efek negatif terhadap kesehatan masyarakat.

Terkait hal tersebut Bupati Mandailing Natal menghimbau segenap warga Kabupaten Mandailing Natal.

  1. Dihimbau agar masyarakat memakai masker.
  2. Jurangi aktivitas di luar rumah jika tidak begitu penting.
  3. Jika kondisi asap semakin parah, masing-masing Desa/ Kelurahan/ Kecamatan dan Kepala Sekolah jangan memaksakan proses belajar mengajar.
  4. Dimohon kepada ulama dan pemuka agama bersama masyarakat memimpin acara do’a meminta kepada yang maha kuasa kiranya diturunkan rahmadnya dijauhkan dari cobaan asap dan malapetaka lainnya dari Mandailing Natal khususnya dan Indonesia umumnya.

Info Kabut Asap di Sumatera Utara 22 September 2019

1. Saat ini hampir sebagian besar Sumatera teemasuk wilayah Provinsi Sumatera Utara diselimuti kabut asap.

2. Asap terdeteksi di Wilayah Riau, Jambi, Sumsel, Sumbar, Bengkulu Sumut, Kepulauan Riau dan Bangka Belitung.

3. Arah angin bertiup dari Tenggara-Selatan menuju Barat Laut-Timur Laut.

4. Jumlah Hotspot di Prov Sumut (CL > 81{66306753b686bafa30ecfd91ef21082c8fb5655a7187d682c2f48b3ebd0ee0c0}) pada hari ini sebanyak 3 titik yakni di :
– Kab Labuhan Batu (2 titik) Lokasi : Kec Panei Tengah
– Kab Labura (1 titik) Lokasi : Kec Kwaluh Hilir)

5. Informasi Jarak Pandang :
1. Gunung sitoli 5.000 meter
2. Kualanamu 1.600 meter
3. Sibolga 2.100 meter
4. Aek Godang 500 meter

6. Himbauan :
– Gunakan masker jika melakukan kegiatan di luar ruangan / berkendara sepeda motor.

Hormat Kami,
Kepala Balai Besar Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika Wilayah 1

 

Tim Redaksi