Raih Nominasi “Anugrah Desa Wisata”, Desa Pastap Julu Dikunjungi Bupati Mandailing Natal

Panyabungan, – Keindahan dan Keeksotisan wisata di Kabupaten Mandailing Natal mulai dilirik oleh Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) Republik Indonesia. Kementerian yang dinahkodai oleh Dr. H. Sandiaga Salahuddin Uno, B.B.A., M.B.A., atau yang lebih akraf disapa Sandiaga Uno, baru-baru ini mengumumkan desa-desa di Indonesia yang masuk kategori Anugrah Desa Wisata Indonesia. Yang menggembirakan dari 1.800 desa yang ikut berkompetisi, Desa Pastap Julu, Kecamatan Tambangan, Kabupaten Mandailing Natal, berhasil masuk 300 besar peraih nominasi desa wisata se-Indonesia dan desa wisata se-Indonesia dan masuk 15 besar peraih nominasi tingkat Provinsi Sumatera Utara.

Mendengar kabar gembira tersebut, hari ini Bupati Mandailing Natal, H. Muhammad Jafar Sukhairi Nasution, mengunjungi Desa Pastap Julu, Kecamatan Tambangan, Senin (23/08/2021). Turut mendampingi Bupati Mandailing Natal yaitu beberapa pimpinan OPD di lingkungan Pemerintah Kabupaten Mandailing Natal, diantaranya adalah Asisten I Setdakab, Alamulhaq Daulay, Kepala Dinas Parawisata, Ahmad Yasir Lubis, Kepala Dinas Lingkungan Hidup, Kasmir, Plt. Kepala Dinas Perumahan dan Permukiman, Khairul, Plt. Kepala Dinas Pemerintahan Masyarakat Desa, Parlin, beserta pejabat terkait lainnya.

Menyambut kedatangan orang nomor satu di Kabupaten Mandailing Natal tersebut, Kepala Desa Pastap Julu, Kecamatan Tambangan, Ali Musa Manto meminta masukan dan saran-saran dari Bupati Mandailing Natal serta pejabat terkait lainnya, agar kesiapan desa yang dipimpinnya semakin maksimal apabila tim verifikasi nominasi desa membutuhkan data-data yang berhubungan dengan lomba anugerah tersebut. Dalam kesempatan tersebut Kepala Desa Pastap Julu juga menyampaikan permintaan dan harapan kepada Bupati Mandailing Natal agar keberadaan desa wisata ini dapat menunjang kehidupan ekonomi masyarakat dan teruntuk kemajuan wisata di Desa Pastap Julu.

Dari pantauan redaksi, disaat sesi dialog dilaksanakan, ada beberapa hal yang paling utama yang harus segera dibenahi yaitu pemenuhan akses jalan menuju desa Pastap Julu, karena akses jalan selama ini sangat sempit dan jauh dari harapan masyarakat. Disamping itu sarana dan prasarana komunikasi seperti jaringan internet juga sangat dibutuhkan agar akses komunikasi dan pertukaran informasi dari dan ke Desa Pastap Julu semakin membaik. Apalagi di era digitalisasi saat ini, keberadaan akses komunikasi memberikan pengaruh yang dominan dalam setiap pengambil kebijakan strategis.

“Bapak Bupati, Saya berharap beberapa fasilitas penunjang ke desa kami untuk segera dibenahi seperti akses jalan ke desa ini, dimana kondisi jalan yang ada membuat kemajuan wisata disini terhambat. Selanjutnya jaringan internet ke desa kami juga kami harapkan agar segera dibangun, karena kemajuan teknologi memberikan peluang yang besar bagi kami untuk mempromosikan keindahan wisata di desa kami,” ucap Kepala Desa Pastap Julu di hadapan Bupati Mandailing Natal.

Disaat memberikan sambutan, ucapan yang pertama yang disampaikan oleh Bupati Mandailing Natal, H. M. Jafar Sukhairi Nasution adalah rasa syukur dan bangga atas pencapaian Desa Pastap Julu, Kecamatan Tambangan yang masuk 300 besar nominasi Anugrah Desa Wisata se-Indonesia.

“Saya sangat bangga dari 377 desa yang ada di Kabupaten Mandailing Natal, Desa Pastap Julu terpilih menjadi desa terbaik, dan terpilih masuk nominasi 300 besar desa ekowisata dari 1800 desa se-Indonesia. Saya tetap memandang alam Pastap Julu sangat indah, aliran sungainya bersih,semoga ini dapat dikelola dan tetap terjaga keasriannya kedepan hingga menjadi lebih baik lagi.” Sahut Bupati Mandailing Natal.

“Saya juga akan berkordinasi dengan Kepala-kepala OPD yang berkaitan dalam hal ini untuk segera membahas segala kebutuhan Desa Pastap Julu dan berharap kedepan permintaan masyarakat agar dapat dianggarkan di P-APBD di 2021,” ujar Bupati Mandailing Natal sambil menikmati keindahan ekowisata yang dihadirkan oleh Desa Pastap Julu, Kecamatan Tambangan.