Plh Sekdakab Mandailing Natal Buka Pelatihan DEA Bagi Pelaku UKM Mandailing Natal

Panyabungan, Diskominfo – Bertempat di Hotel Madina Sejahtera Panyabungan, Pelaksana Harian Sekretaris Daerah Kabupaten Mandailing Natal, Drs. Sahnan Batubara, MM., membuka secara resmi Pelatihan Digital Entrepreneurship Academy (DEA) bagi pelaku Usaha Kecil Menengah (UKM) Kabupaten Mandailing Natal, Selasa (05/07/2022).

Turut hadir dalam pembukaan pelatihan tersebut diantaranya adalah Kepala Balai Besar Pengembangan SDM dan Penelitian (BBPSDMP) Kominfo Medan, Drs. Irbar Samekto, M.Si., Sekretaris Dinas Komunikasi dan Informatika, Ahmad Duroni, SP., MM., Sekretaris Dinas Koperasi dan UKM, Martuah, SE., M.AP., Tim Instruktur dan Peserta Pelatihan.

Acara pelatihan yang bersumber dari DIPA BBPSDMP Kominfo Medan tersebut, diikuti 100 peserta dari unsur pelaku UKM di Kabupaten Mandailing Natal dan dilaksanakan selama 2 (dua) hari mulai tanggal 05 Juli sampai dengan 06 Juli 2022.

Kepala BBPSDMP Kominfo Medan dalam sambutannya, menyampaikan bahwa penyelenggaraan DEA ini dilaksanakan atas kerjasama antara BBPSDMP Kominfo Medan dengan Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Mandailing Natal dengan menghadirkan pelaku UKM sebagai peserta pelatihan yang berada dalam binaan Dinas Koperasi dan UKM Kabupaten Mandailing Natal dan Dinas Pariwisata Kabupaten Mandailing Natal.

“Pelatihan ini juga diharapkan bisa menumbuhkan kompetensi bidang teknologi informasi dan komunikasi (TIK) sehingga mengoptimalkan kemampuan financial yang mana dapat juga meningkat kesejahteraan bagi pelaku UKM dan masyarakat. Selain itu pelatihan ini diharapkan dapat meningkatkan pengetahuan dan skill untuk mendorong wirausaha agar dapat meningkatkan aktifitas usahanya dengan memanfaatkan berbagai platform digital yang tersedia,” ujar Irbar Samekto dalam sambutannya.

Sementara itu mewakili Bupati Mandailing Natal, Plh Sekretaris Daerah Kabupaten Mandailing Natal, Drs. Sahnan Batubara, MM, dalam sambutannya menyatakan bahwa digitalisasi media pemasaran menjadi poin mutlak yang wajib dipertimbangkan oleh setiap entrepreneur lokal dalam mengembangkan bisnisnya., karena melalui pelatihan ini dapat menambah pengetahuan serta skill seluruh peserta, untuk dapat mengembangkan bisnis dengan memanfaatkan keterampilan mengakses dan mengelola teknologi, serta menciptakan inovasi yang adaptif terhadap teknologi informasi.

“Hadirnya teknologi yang saat ini mampu mengeliminasi sekat-sekat ruang dan waktu, menjadi satu harapan baru bagi para pelaku UKM dalam memperluas jaringan kemitraan, maupun cakupan pemasaran produknya. Mudah-mudahan pelatihan ini dapat meningkatkan jaringan usaha, memberikan motivasi usaha dan memberikan ruh ideologi yang mendukung kekuatan UKM di Kabupaten Mandailing Natal, dalam membawa angin perubahan menuju ke arah peningkatan dan kemajuan,” ucap Sahnan Batubara dalam pembukaan Pelatihan DEA tersebut Pelatihan Digital Entrepreneurship Academy (DEA) bagi pelaku Usaha Kecil Menengah (UKM) menghadirkan dua narasumber yaitu, Martuah, SE., M.AP (Sekretaris Dinas Koperasi dan UKM) dan Zulkifli, M.Kom., (Dinas Komunikasi dan Informatika) serta Tim Instruktur dari BBPSDMP Kominfo Medan.

Diakhir acara pembukaan, dilaksanakan photo bersama Plh Sekdakab Mandailing Natal, Kepala BBPSDMP Kominfo Medan, Panitia Pelaksana Pelatihan, Tim Instruktur beserta peserta pelatihan Digital Entrepreneurship Academy (DEA) tahun 2022.