Peringatan Hari Cuci Tangan Pakai Sabun Sedunia (HCTPS) Tahun 2019 Di Kabupaten Mandailing Natal

Diskominfo – Madina. Hari Cuci Tangan Pakai Sabun Sedunia (HCTPS) sebuah kampanye global yang dicanangkan oleh PBB bekerjasama dengan organisasi-organisasi lainnya baik pihak pemerintah maupun swasta untuk menggalakkan perilaku mencuci tangan dengan sabun oleh masyarakat sebagai upaya untuk menurunkan tingkat kematian balita dan pencegahan terhadap penyakit yang dapat berdampak pada penurunan kualitas hidup manusia. Pengumuman penunjukkan Hari Mencuci Tangan Dengan Sabun Sedunia pada 15 Oktober dilakukan pada Pertemuan Tahunan Air Sedunia (Annual World Water Week) yang berlangsung pada 17-23 Agustus, 2008 di Stockholm seiring dengan penunjukkan tahun 2008 sebagai Tahun Internasional Sanitasi oleh Rapat Umum PBB. Hari Mencuci Tangan Dengan Sabun Sedunia diharapkan akan memperbaiki praktik-praktik kesehatan pada umumnya dan perilaku sehat pada khususnya.

Salah satu tujuan dari kampanye ini adalah penurunan angka kematian untuk anak-anak dimana lebih dari 5.000 anak balita penderita diare meninggal setiap harinya diseluruh dunia sebagai akibat dari kurangnya akses pada air bersih dan fasilitas sanitasi dan pendidikan kesehatan. Penderitaan dan biaya-biaya yang harus ditanggung karena sakit dapat dikurangin dengan melakukan perubahan perilaku sederhana seperti mencuci tangan dengan sabun, yang menurut penelitian dapat mengurangi angka kematian yang terkait dengan penyakit diare hingga hampir 50 persen.

Peringatan Hari Cuci Tangan Pakai Sabun Sedunia (HCTPS) Tahun 2019 Di Kabupaten Mandailing Natal dilakukan secara live streaming di 3 Kecamatan Kabupaten Mandailing Natal yaitu Kecamatan Panyabungan Kota, Kecamatan Kotanopan dan Kecamatan Batang Natal.

Hari Cuci Tangan Pakai Sabun Sedunia (HCTPS) atau global handwash day di Kecamatan Panyabungan Kota tepatnya SD Negeri 081 Panyabungan yang dihadiri oleh Bupati Mandailing Natal, Drs Dahlan Hasan Nasution, Forkopimda, Pimpinan OPD di lingkungan Pemerintah Kabupaten Mandailing Natal, Para Kepala Bagian di Lingkungan Pemerintah Kabupaten Mandailing Natal, TP PKK Kabupaten Mandailing Natal, Ny. Ika Desika Dahlan Hasan Nasution, Lurah Panyabungan II beserta jajarannya, Para Kepala Desa, Alim Ulama, Tokoh Adat, Tokoh Masyarakat, Para Murid Siswa-siswi SD dan Tim dari Dinas Komunikasi Dan Informatika Kabupaten Mandailing Natal. Senin (21/10/2019)

Bupati Mandailing Natal, Drs Dahlan Hasan Nasution, Forkopimda, Pimpinan OPD di lingkungan Pemerintah Kabupaten Mandailing Natal, TP PKK Kabupaten Mandailing Natal, Ny. Ika Desika Dahlan Hasan Nasution, Lurah Panyabungan II beserta jajarannya, Para Kepala Desa, Alim Ulama, Tokoh Adat, Tokoh Masyarakat, Para Murid Siswa-siswi SD. Senin (21/10/2019)
Bupati Mandailing Natal, Drs Dahlan Hasan Nasution, Forkopimda, Pimpinan OPD di lingkungan Pemerintah Kabupaten Mandailing Natal, TP PKK Kabupaten Mandailing Natal, Ny. Ika Desika Dahlan Hasan Nasution. Senin (21/10/2019)

Hari Cuci Tangan Pakai Sabun Sedunia (HCTPS) atau global handwash day di Kecamatan Kotanopan, tepatnya SD 200 Kotanopan dihadiri oleh Asisten III, Drs. Syahnan Batubara, MM beserta Istri, Sajulina Nasution, Camat Kotanopan, Kholillullah, Kepala Dinas BKKBN, Adnan Harahap, Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga, Rahmad Hidayat, Kepala Dinas Pertanahan Kabupaten Mandailing Natal, Ahmad Faizal, Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Mandailing Natal, Kasmir Nasution, Kepala Dinas Ketahanan Pangan Kabupaten Mandailing Natal, Siar Nasution, SP, Kacabjari Kotanopan, Kepala UPT Puskesmas Kotanopan, Dr. Wuryandari beserta Jajarannya, Kepala SD 200 Kotanopan, Yuniar Batubara, S.Pd beserta Dewan Guru, TPP PKK Kecamatan Kotanopan, UPT BP3K Mandailing Julu Dinas Pertanian Kotanopan, Para Kepala Desa, Alim Ulama, Tokoh Adat, Tokoh Masyarakat, Para Murid Siswa-siswi SD 200 Kotanopan dan Tim dari Dinas Komunikasi Dan Informatika Kabupaten Mandailing Natal.

Asisten III, Drs. Syahnan Batubara, MM, Camat Kotanopan, Kholillullah, Kepala Dinas BKKBN, Adnan Harahap, Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga, Rahmad Hidayat, Kepala Dinas Pertanahan Kabupaten Mandailing Natal, Ahmad Faizal, Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Mandailing Natal, Kasmir Nasution, Kepala Dinas Ketahanan Pangan Kabupaten Mandailing Natal, Siar Nasution, SP, Kacabjari Kotanopan, UPT BP3K Mandailing Julu Dinas Pertanian Kotanopan, Para Kepala Desa, Alim Ulama, Tokoh Adat, Tokoh Masyarakat, Para Murid Siswa-siswi SD 200 Kotanopan. Senin (21/10/2019)

Hari Cuci Tangan Pakai Sabun Sedunia (HCTPS) atau global handwash day di Kecamatan Batang Natal, tepatnya dilaksanakan di SD Negeri Muarasoma yang dihadiri oleh Sekretaris Daerah Kabupaten Mandailing Natal, Gozali Pulungan, SH, MM, Pimpinan OPD dilingkungan Pemerintah Kabupaten Mandailing Natal, Ketua Dharma Wanita Kabupaten Mandailing Natal, Dra. H. Nur Amali Nasution, Camat Batang Natal, Ali Sahbana Nasution, Ketua TP PKK Kecamatan Batang Natal, Dr. Febrinawati Siregar, Para Kepala Desa, Alim Ulama, Tokoh Adat, Tokoh Masyarakat, Para Murid Siswa-siswi SD dan Tim dari Dinas Komunikasi Dan Informatika Kabupaten Mandailing Natal.

Sekretaris Daerah Kabupaten Mandailing Natal, Gozali Pulungan, SH, MM, Pimpinan OPD dilingkungan Pemerintah Kabupaten Mandailing Natal, Ketua Dharma Wanita Kabupaten Mandailing Natal, Dra. H. Nur Amali Nasution, Camat Batang Natal, Ali Sahbana Nasution, Ketua TP PKK Kecamatan Batang Natal, Dr. Febrinawati Siregar, Para Kepala Desa, Alim Ulama, Tokoh Adat, Tokoh Masyarakat, Para Murid Siswa-siswi SD dan Tim dari Dinas Komunikasi Dan Informatika Kabupaten Mandailing Natal. Senin (21/10/2019)

Dalam memeriahkan peringatan Hari Cuci Tangan Pakai Sabun Sedunia (HCTPS) atau global handwash day tahun 2019 di Kabupaten Mandailing Natal diwarnai dengan menampilkan kesenian seperti Tor-tor, Tari Bhatin Kemuning dan Tari Gerakan Cuci Tangan dan lain lain yang dipersambahkan langsung oleh siswa-siswi perwakilan dari sekolah yang ada di Kecamatan Panyabungan Kota, Kecamatan Kotanopan dan Kecamatan Batang Natal.

Tim Redaksi