PERCEPATAN PENERAPAN SPBE DI KABUPATEN MANDAILING NATAL

Sekretaris Daerah Kabupaten Mandailing Natal, Drs. Sahnan Batubara, MM saat memberikan kata sambutan. Aula Kantor Bupati Mandailing Natal. Selasa (03/09/2019)

Diskominfo – Madina. Menurut Peraturan Presiden Nomor 95 Tahun 2018 tentang Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik dan Peraturan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Nomor 5 Tahun 2018 tentang Pedoman Evaluasi Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik (SPBE). Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik (SPBE) adalah penyelenggaraan pemerintahan dengan memanfaatkan teknologi informasi dan komunikasi untuk memberikan layanan kepada pengguna SPBE.

Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (KemenPANRB) Republik Indonesia telah melaksanakan evaluasi SPBE di 616 Instansi Kementerian, Lembaga Pemerintahan Pusat dan Pemerintah Daerah. Dalam rangka percepatan penerapan Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik (SPBE) di Kabupaten Mandailing Natal di tahun 2019 ini diharapkan mewujudkan tata kelola pemerintahan yang baik, serta meningkatkan kualitas pelayanan publik dan meningkatkan partisipasi masyarakat dalam penyelenggaraan pembangunan.

Sesuai dengan Peraturan Presiden No. 95 tahun 2018 tentang Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik (SPBE) ada 4 (empat) program yang harus diperhatikan dan dipersiapkan dalam percepatan penerapan Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik (SPBE) di Pemerintahan daerah:

  1. Penganggaran berbasis kinerja dengan integrasi perencanaan, penganggaran, pengadaan barang dan jasa, kinerja serta monitoring dan evaluasi.
  2. integrasi layanan dengan instansi pemerintah.
  3. Integrasi e-dokumen persuratan dan program percepatan.
  4. Pengaduan masyarakat, yakni integrasi pengaduan pelayanan publik yang dilakukan mulai dari pusat hingga daerah.

Selain dari ke 4 (empat) program itu program percepatan yang harus diselesaikan yaitu di bidang infrastruktur teknologi informasi dan komunikasi (TIK), yaitu pembangunan pusat data nasional dan jaringan intra pemerintah.

Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Mandailing Natal mengadakan pertemuan dengan Kepala-kepala Organisasi Perangkat Daerah di Lingkungan Pemerintahan Daerah Kabupaten Mandailing Natal di Aula Kantor Bupati Mandailing Natal. Selasa (03/09/2019). Tujuan dari diadakannya pertemuan ini yaitu mempersentasikan dalam percepatan penerapan aplikasi umum yang dipakai yang terintegrasi kepada seluruh instansi pemerintah atau Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik (SPBE) atau E-Government menuju smart city.  di hadapan Kepala-kepala Organisasi Perangkat Daerah di Lingkungan Pemerintahan Daerah Kabupaten Mandailing Natal.

Pertemuan persentasi percepatan penerapan Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik (SPBE) atau E-Government menuju smart city dipimpin dan dibuka langsung oleh Sekretaris Daerah Kabupaten Mandailing Natal, Drs. Sahnan Batubara, MM, Asisten III Perekonomian, Pembangunan dan SDA, Drs. M. Syafei Lubis, Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Mandailing Natal, Drs. M. Sahnan Pasaribu, MM, Inspektur Kabupaten Mandailing Natal, Kepala Badan Perencanaan dan Pembangunan Daerah, Kepala Badan Kepagawaian Daerah, Kepala Badan Pengelolaan Keuangan, Pendapatan dan Aset Daerah, Kepala Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu, Kepala Dinas Pendidikan, Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil, Kepala Dinas Kesehatan, Kepala Dinas Kesehatan, Kepala Dinas Sosial, Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa, Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan, Kepala Dinas Badan Penelitian dan Pengembangan, Kepala Bagian Administrasi Pembangunan, Kepala Bagian Organisasi Setdakab, Kepala Bagian Hukum Setdakab, Kepala Bagian Pemerintahan dan Otonomi Daerah Setdakab, Kepala Bagian Pengadaan Barang dan Jasa Setdakab, Kepala Bagian Infrastruktur Setdakab, Kepala Bagian TU Pimpinan Setdakab dan Kepala Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Panyabungan dan keluarga besar Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Mandailing Natal.

Dalam kesempatan tersebut Sekretaris Daerah Kabupaten Mandailing Natal, Drs. Sahnan Batubara, MM mengatakan, ” Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik (SPBE) ini merupakan keharusan dan jangan ditunda-tunda dalam pengimplementasian SPBE atau e-government menuju Kabupaten Mandailing Natal yang smart city. Aplikasi yang dipakai nantinya harus terus dikembangkan secara berangsur dan hingga kini untuk memenuhi kebutuhan masayarakat serta stakeholders. dengan dipercepatnya SPBE ini di Kabupaten Mandailing Natal akan memberikan manfaat yang sangat besar, salah satunya bahkan akan menghemat anggaran. Selain daripada itu SPBE diharapkan mewujudkan tata kelola pemerintahan yang baik, serta meningkatkan kualitas pelayanan publik dan meningkatkan partisipasi masyarakat dalam penyelenggaraan pembangunan.