Pemkab Mandailing Natal Laksanakan Sosialisasi Saber Pungli.

Panyabungan – Pemerintah Kabupaten Mandailing Natal menggelar sosialisasi sapu bersih pungutan liar dilingkungan Pemerintah Kabupaten Mandailing Natal bersama tim UPP Provinsi Sumatera Utara (Sumut), Selasa, (06/07).

Acara yang dilaksanakan di gedung serba guna Desa Parbangunan ini turut dihadiri oleh Plh Bupati Madina Gozali Pulungan, Ketua DPRD Madina Erwin Efendi Lubis, Inspenkur Provsu Larso Marbun beserta jajarannya, Kepala Kejaksaan Madina, Perwakilan Kepolisian Resort Mandailing Natal yang membidangi saber pungli, Dansupdenpom Panyabungan serta Organisasi Perangkat Daerah (OPD) Pemerintah Kabupaten Mandailing Natal. Acara tersebut dilaksanakan dengan tetap mematuhi Protokol Kesehatan.

Dalam sosialisasi ini tim dari Kepolisian Resort Mandailing Natal yang membidangi saber pungli menjelaskan jika sosial kontrol terhadap berbagai jenis pungli ini harus eksra dilakukan demi terwujudnya Pemerintahan yang bersih, akuntabel dan transparan.

Presiden Republik Indonesia juga menerbitkan Perpres 87 tahun 2016 tentang Pembentukan Satuan Tugas Sapu Bersih Pungutan Liar, Dijelaskan jika saat ini pungli harus dibersihkan dan dilawan, maka dari itu Presiden berharap kita bekerja sama lawan pungli tersebut agar tercipta Pemerintahan yang bersih dan akuntabel.

Sementara itu Plh. Bupati Mandailing Natal, Gozali Pulungan menyambut baik sosialisasi ini, beliau berharap terutama kepada seluruh OPD di Pemerintah Kabupaten Mandailing Natal untuk tidak mudah terpengaruh dengan suapan pungli ini.

Dalam hal ini Pemerintah Kabupaten Mandailing Natal akan berupaya terus meningkatkan kerja sama dengan unit pemberantasan pungutan liar sebagaimana salah satu visi dan misi Bupati dan Wakil Bupati Mandailing Natal terpilih yakni “Efektifitas Dan Transparansi Tata Kelola Pemerintahan Sehingga Terwujud Kepemimpinan Yang Meritokratif Dan Terbuka Dengan Sasaran Terwujudnya Mandailing Natal Yang Bermartabat Dalam Berpemerintahan”

“Kita menyambut baik Sosialisasi saber pungli ini, saya berharap semoga OPD yang berada dilingkup Pemerintah Kabupaten Mandailing Natal ini terhindar dari pungli,semoga kegiatan ini dapat menjadi motivasi bagi kita semua dalam menjalankan birokrasi dilingkup pemerintahan Kabupaten Mandailing Natal agar terhindar dari masalah dan jeratan hukum” ucap Gozali.