PEMERINTAH KABUPATEN MANDAILING NATAL SANTUNI KORBAN KEBAKARAN

Tim Rombongan Pemerintah Kabupaten Mandailing Natal yang terdiri dari BPBD Kab. Mandailing Natal, Dinas Sosial Kab. Mandailing Natal, PMI Kab. Mandailing Natal dan unsur terkait lainnya saat meninjau lokasi kebakaran di lingkungan VII Kelurahan Sipolu-polu, Kecamatan Panyabungan, (24/04/2019)

 

Diskominfo – Madina. Tiga unit rumah di lingkungan VII Kelurahan Sipolu-polu, Kecamatan Panyabungan, Kabupaten Mandailing Natal dilalap si jago merah pada Minggu pagi (23/06/2019). Kebakaran yang terjadi sekitar pukul 09.30 WIB ini menghanguskan rumah kayu milik Tambat (38), Nurlihot Harahap (63) dan Riyadi (31). Kerugian yang diakibatkan oleh kebakaran tersebut ditaksir mencapai hampir 200 Juta Rupiah.

Merespon kejadian tersebut, pada Senin siang (24/06/2019), Pemerintah Kabupaten Mandailing Natal melalui Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kab. Mandailing Natal, Dinas Sosial Kab. Mandailing Natal, Palang Merah Indonesia (PMI) Kab. Mandailing Natal, dan unsur terkait lainnya langsung meninjau lokasi kejadian kebakaran sekaligus untuk memberikan bantuan kepada korban kebakaran.

Bantuan tersebut diberikan secara simbolis oleh Mulia Raja Nasution, ST, MM (Kabid Kedaruratan dan Logistik, BPBD Kab. Mandailing Natal), Dedi Armansyah, S.Sos (Kabid Penanganan Fakir Miskin, Dinas Sosial Kab. Mandailing Natal) dan Awaluddin Nasution (Kepala Markas PMI Kab. Mandailing Natal) langsung diterima oleh Kepala Lingkungan dan tokoh masyarakat yang mewakili keluarga korban kebakaran. Hadirnya Kepala Lingkungan VII Sipolu-polu dan tokoh masyarakat mewakili penerimaan bantuan dikarenakan korban yakni Tambat (38), dan Nurlihot Harahap (63) sedang menjalani proses perawatan di RSUD Mandailing Natal akibat mengalami luka bakar ringan yang diderita korban saat menyelamatkan barang-barang dari lokasi kebakaran.

 

Dedi Armansyah, S.Sos (Kabid Penanganan Fakir Miskin, Dinas Sosial Kab. Mandailing Natal) secara simbolis memberikan bantuan berupa Seng, Besi, dan Bahan Material Bangunan lainnya kepada Riyadi (31). Panyabungan (24/06/2019)

 

Pada kesempatan tersebut, bantuan yang diberikan berupa peralatan rumah tangga, matras, seng, besi, bahan logistik, peralatan dapur, perlengkapan sekolah, beras, bahan kebutuhan sehari-hari, dan material bangunan lainnya. Diharapkan bantuan tersebut dapat dipergunakan untuk membangun kembali rumah yang telah habis dilahap si jago merah.

“Mewakili Pemerintah Kabupaten Mandailing Natal, kami serahkan bantuan berupa bahan material bangunan, peralatan rumah tangga dan bahan pokok kebutuhan sehari-guna, untuk dipergunakan sebaik mungkin dalam membangun kembali rumah yang telah ludes terbakar dan diharapkan korban kebakaran jangan larut dalam kesedihan,” ujar Mulia Raja Nasution

Menurut Ismail, saat ini yang perlengkapan yang dibutuhkan oleh korban adalah pakaian, kelambu, perlengkapan balita, obat-obatan dan makanan, karena harta benda yang dimiliki oleh Tambat (38), Nurlihot Harahap (63) telah ludes habis dilalap api saat terjadi kebakaran.

“Kami bersyukur atas kepedulian Pemerintah Kabupaten Mandailing Natal yang begitu cepat merespon dan tanggap akan bencana kebakaran yang dialami warga kami,” Ucap Ismail mewakili keluarga korban kebakaran.

“Atas nama warga Lingkungan VII Sipolu-polu kami ucapkan terimakasih kepada Pemerintah Kab. Mandailing Natal, khususnya Dinas Sosial atas bantuan peralatan rumah tangga, matras, seng dan bahan material bangunan. juga kepada BPBD Kab. Madina yang telah memberikan bantuan logistik, perlengkapan sekolah dan peralatan dapur serta PMI Kab. Mandailingan Natal yang telah memberikan bantuan beras 15 karung,” ujarnya Ismail.

 

 

Tim Redaksi