Pelatihan Dasar Manajemen Bencana oleh Badan Penanggulangan Bencana Daerah Kabupaten Mandailing Natal

Diskominfo – Madina. Bencana yang terjadi akhir-akhir ini di Kabupaten Mandailing Natal memberikan banyak kejadian yaitu banyaknya korban jiwa dan harta benda, dari kejadian itulah memberikan pertinggal setelah bencana bahwa kurangnya pengetahuan dan ketidaksiapan masyarakat dalam mengantisipasi bencana dan menyadarkan bahwa pentingnya perencanaan dan manajemen penanggulangan bencana. Bencana yang terjadi inilah yang melatarbelakangi diadakannya Pelatihan Dasar Manajemen Bencana oleh Badan Penanggulangan Bencana Daerah Kabupaten Mandailing Natal dilaksanakan dalam 3 hari tanggal 25-27 september 2019 yang berlangsung di Hotel Madina Sejahtera Panyabungan. Narasumber pelatihan dasar manajemen bencana oleh BPBD Provinsi Sumatera Utara, Drs. Dariyus M Sinulingga, Rosmaniar, S.Psi, Vutry Maria S, SKM, M.Kes, Halimka Siregar, A.Md.

Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Mandailing Natal, Muhammad Yasir Nasution, S.Pdi. Hotel Madina Sejahtera Panyabungan. Rabu (25/09/2019)
Narasumber saat memaparkan materi didepan Peserta Pelatihan Dasar Manajemen Bencana. Hotel Madina Sejahtera Panyabungan. Rabu (25/09/2019)
Peserta Pelatihan Dasar Manajemen Bencana. Hotel Madina Sejahtera Panyabungan. Rabu (25/09/2019)

Pelatihan ini merupakan bahan manajemen bencana yang dapat dipelajari, dipergunakan secara praktis dan diajarkan kepada masyarakat serta dikembangkan sejalan perjalanan waktu.

Peserta Pelatihan Dasar Manajemen Bencana merupakan utusan atau perwakilan dari tiap-tiap OPD yang ada di lingkungan Pemerintah Kabupaten Mandailing Natal.

Tujuan dari Pelatihan Dasar Manajemen Bencana bertujuan untuk memperoleh pengetahuan dan pemahaman yaitu:

  1. Memahami konsep, jenis dan karakteristik bencana
  2. Memahami dan menyelenggarakan prinsip-prinsip dan sistem penanggulangan bencana
  3. Memahami identifikasi, evaluasi dan pengkajian resiko bencana
  4. Memahami tahapan dalam manajemen darurat bencana
  5. Memahami manajemen logistik dan manajemen peralatan penanggulangan bencana
  6. Mengidentifikasi dan menyusun data dan informasi bencana yang bencana
  7. Memahami tata cara kerja sama multipihak dalam penanggulangan bencana sesuai aturan yang berlaku

 Tim Redaksi