Malam Nuzulul Quran Jadi Tema Tausyiah di Masjid Agung Nur Ala Nur

Panyabungan, Diskominfo – Program salat zuhur berjamaah, tadarus, dan tausyiah yang dicanangkan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Mandailing Natal (Madina) terus berlangsung di Masjid Agung Nur Ala Nur, Desa Parbangunan, Kecamatan Panyabungan.

Hari ini (18/4/2022), misalnya, Bupati Madina HM Jafar Sukhairi Nasution bersama siswa Madrasah Aliyah Negeri (MAN) Panyabungan dan jamaah lainnya mengikuti salat zuhur berjamaah dan tadarus di masjid itu.

Kali ini tausyiah menampilkan ustad Hendri Nasution dengan tema Nuzulul Quran. Dalam cermahanya, Ustad Hendri mengatakan sejumlah ulama memberikan pandangan terkait awal turunnya Alquran yang kemudian di Tanah Air diperingati sebagai Nuzulul Quran.

Peringatan Nuzulul Quran biasanya jatuh pada tanggal 17 Ramadan. Malam Nuzulul Quran menjadi malam penuh keberkahan dan Allah SWT akan melipatgandakan pahala umat Islam yang memperbanyak ibadah pada malam itu.

Ustad Hendri menceritakan sejarah peristiwa Nuzulul Quran di Gua Hira pada tahun ke-41 dari kelahiran Nabi Muhammad SAW. Saat itu, Nabi Muhammad SAW menerima wahyu lima ayat dari Surat Al-‘Alaq.

Menurut Ustad Hendri, itulah peristiwa Nuzulul Quran atau kali pertama turunnya Alquran dari langit dunia ke muka bumi.

Selain itu, Ustad Hendri juga mengingatkan kepada jamaah untuk datang ke Masjid Agung Nur Ala Nur pada Senin (18/4/2022) malam guna mengikuti salat isya dan taraweh berjamaah serta dilanjutkan dengan peringatan malam Nuzulul Quran. (*)