Kultum Hari Ini, Ustad Amin Rangkuti Usung Tema ‘Doa di Akhir Ramadan’

Panyabungan, Diskominfo – Tanpa terasa umat Islam sudah berada di pengujung bulan suci Ramadan. Meski demikian, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Mandailing Natal (Madina) tetap konsisten menggelar program salat zuhur berjamaah, kultum, dan tadarus di Masjid Agung Nur Ala Nur, Desa Parbangunan, Kecamatan Panyabungan.

Kamis (28/4/2022) ini, program kultum dibawakan Ustad M. Amin Rangkuti dengan tema: Doa di Akhir Ramadan. Seperti biasanya, program ini dihadiri Bupati Madina HM Jafar Sukhairi Nasution.

Dalam kultumnya, Ustad Amin menyampaikan, Allah SWT mengatakan kepada manusia jika ada keraguan dan ketakutan, namun doa tidak sampai kepada Allah.

Ustad Amin mengatakan Allah SWT menyampaikan kepada Nabi Muhammad SAW, ‘Ya Muhammad, sampaikan kepada mereka setiap doa yang diminta kepada Allah akan saya sampaikan, saya tidak jauh dari mereka. Mereka yang jauh dari saya’.

“Allah SWT selalu ada dimana-mana. Jangankan apa yang kita ucapkan melalui lisan, baru tersirat di dalam hati saja sudah didengar oleh Allah SWT,” kata Ustad Amin.

Setiap manusia, kata Ustad Amin, pasti memiliki masalah, baik dengan masyarakat atau pribadi. “Ada Allah, maka jangan lari dari Allah,” kata Ustad Amin.

Lebih lanjut Ustad Amin mengatakan ketika memohon kepad Allah SWT, ada beberapa di antara manusia yang hanya meminta tanpa melaksanakan kewajiban dari Allah SWT.

“Ada yang bertanya mengapa kami ini sudah banyak meminta kepada Allah SWT, kenapa doa kami tidak di terima Allah SWT,” ungkapnya.

Doa tidak dikabulkan Allah SWT, kata Ustad Amin, karena hati manusia sudah tercemar. Hasal al Basri mengatakan ada beberapa hal yang membuat Allah SWT tidak menerima doa umatnya.

Pertama, Allah SWT itu benar. Allah SWT maha kuasa tapi manusia tidak pernah melaksanakan apa yang diperintahkan Allah SWT. “Kita jauh dari syariat Allah SWT dan menjauh dari Allah SWT,” lanjutnya.

Kedua, dengan membaca Al-Quran. Ketika membaca Al-Quran, Allah SWT akan memberikan pahala. “Bukan hanya membacanya, mendengarnya saja mendapat pahala. Alquran bukan hanya untuk dibaca, tapi juga untuk diamalkan,” tegasnya.

Di akhir bulan Ramadan, Ustad Amin mengajak suluruh jamaah yang hadir untuk memperbanyak doa. “Semoga di akhir Ramadan, doa kita dikabulkan Allah SWT,” katanya.