KPU Madina Kembali Gelar Kegiatan Pendidikan Pemilih Pemula

KPU Madina Kembali Gelar Pendidikan Pemilih PemulaPanyabungan – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Mandailing Natal (Madina) kembali menggelar kegiatan Pendidikan Pemilih Pemula yang bertempat di Aula SMA Negeri 3 Panyabungan, Rabu (26/10). Sosialisasi tersebut bertujuan untuk menciptakan pemilih pemula cerdas dalam mewujudkan Pemilihan Umum (Pemilu)/Pemilihan yang berkualitas.

Kegiatan yang diikuti siswa-siswi Kelas XII IPA dan IPS tersebut, Anggota KPU Madina Divisi Sumber Daya Manusia (SDM) dan Partisiapsi Masyarakat (Parmas), Akhir Mada mengatakan, kegiatan tersebut merupakan salah satu cara untuk menanamkan tentang pentingnya pendidikan Pemilu pada generasi muda sebagai penentu masa depan bangsa khususnya di daerah kabupaten Mandailing Natal.

”Pendidikan pemilih pemula ini sangat penting bagi adik-adik sekalian, sehingga perlu ditanamkan pemahaman dan pengetahuan tentang pentingnya Pemilu/Pemilihan sedini mungkin,” ujar Akhir Mada.

Lebih lanjut ia menyampaikan, sosialisasi sangat penting untuk para pemilih pemula dalam rangka menciptakan demokrasi. Oleh sebab itu, dengan mengikuti acara sosialisasi ini akan meningkatkan partisipasi pemilih pemula dalam penyelenggaraan Pemilu/Pemilihan di masa yang akan datang.

Sementara itu, Anggota KPU Madina Divisi Perencanaan dan Data yang berkesempatan menyampaikan materi pada sesi kedua menyebutkan, agar pemilih pemula dapat menjadi contoh bagi masyarakat sehingga dapat memperbaiki pilar demokrasi di daerahnya dalam memilih calon pemimpin tanpa adanya money politik.

”Saya harap kepada pemilih pemula, nantinya jangan memilih karena uang, tapi memilihlah karena hati nurani dengan mengenali para calon, mempelajari program dan visi-misinya serta mempunyai cita-cita untuk membangun daerahnya.” tandasnya. (along/ppid/KPUmadina)

Sumber: kpud-madinakab.go.id