Ketua TP PKK Madina Tinjau Pelaksanaan BIAN

Panyabungan, Diskominfo – Ketua TP PKK Mandailing Natal (Madina) melakukan peninjauan pelaksanaan Bulan Imunisasi Anak Nasional (BIAN) di Madrasah Tsanawiyah Islamiah Negeri (MTsN), Panyabungan, Rabu (21/9/2022).

Peninjauan tersebut didampingi Kepala Dinas Kesehatan Madina dr. Syarifuddin.

dr Syarifuddin mengatakan imunisasi yang diberikan adalah Vaksin MR atau Campak rubella dengan sasaran anak mulai usia 9 bulan sampai dengan 17 tahun.

Kegiatan ini, kata dr Syarifuddin bertujuan untuk memberikan imunisasi sebagai upaya kesehatan masyarakat paling efisien dan efektif untuk mencegah berbagai penyakit.

“Kasus campak dan rubela masih banyak kita temukan di Indonesia, untuk itu diperlukan upaya pencegahan untuk dapat mencapai target eliminasi penyakit campak dan rubela di Indonesia khususnya di Madina,” kata dr Syarifuddin.

Lebih lanjut dr Syarifuddin mengatakan upaya penting dalam mencapai eliminasi campak dan rubela selain melalui penguatan imunisasi rutin, yaitu dengan melaksanakan pemberian nutrisi tambahan seperti campak dan rubela secara masal dan tanpa memandang status imunisasi sebelumnya bagi sasaran imunitas yang telah ditetapkan.

Dr Syarifuddin mengucapkan terima kasih kepada semua sektor. Mulai dari PKK, kelurahan, kecamatan, puskesmas, sekolah dan tentunya masyarakat.

Sementara itu, Kadis Kesehatan ini mengatakan Kementerian Kesehatan (Kemenkes) Republik Indonesia (RI) menargetkan capaian BIAN di setiap kabupaten/kota di Indonesia adalah 90 persen.

Sebelumnya Ketua TP PKK Sumut Nawal Lubis juga telah melakukan kunjungan langsung dalam memantau berjalannya BIAN di Bumi Gordang Sambilan pada 15 Juni 2022. #MadinaBersyukurMadinaBerbenah