Kepala BI Perwakilan Sibolga Resmikan Rumah Produksi Kopi Madina

Diskominfo – Madina. Bupati Mandailing Natal, Drs. H. Dahlan Hasan Nasution dan Kepala Bank Indonesia (BI) Perwakilan Sibolga, Suti Masniari Nasution Kunjungi dan Resmikan “Program Sosial Bank Indonesia Tematik 2019 Pembangunan Rumah Produksi Kopi Mandailing Natal”. Rabu, 30/10/2019.

Peresmian Rumah Produksi Kopi Madina untuk KUB Perintis Harapan ini turut dihadiri oleh Bupati Mandailing Natal Drs. H. Dahlan Hasan Nasution, Anggota DPRD, Pimpinan OPD Kab. Mandailing Natal, Penggiat Kopi, Petani Kopi dan Tokoh Masyarakat berlokasi di Desa Salambue Kecamatan Panyabungan.

Kepala BI Perwakilan Sibolga menyampaikan, Kondisi Perekonomian Nasional saat ini sangat dipengaruhi Kondisi Global yang tidak menentu, untuk mengatasi permasalahan tersebut berbagai langkah telah dilakukan oleh BI salah satunya dengan menggerakkan Roda Perekonomian Masyarakat dengan Program Sosial.

“Mandailing Natal sangat subur, Komoditas Kopi dinilai bisa mampu menggerakkan perekonomian dan menekan Defisit Neraca Perdagangan”. Diliriknya Komoditas Kopi ini juga bagian dari pengembalian kejayaan Kopi Mandailing.

Sementara itu, Bupati Mandailing Natal Drs. H. Dahlan Hasan Nasution menyampaikan terimakasihnya atas bantuan Rumah Produksi Kopi yang diberikan Bank Indonesia. Dengan adanya Bangunan ini kepada para masyarakat Kopi diminta agar tidak surut dalam meningkatkan mutu produk sehingga kedepan dapat membawa manfaat bagi masyatakat Kopi di Mandailing Natal.

“Kwantitas dan Kwalitas Kopi Mandailing harus kita jaga dan tingkatkan, mengingat bantuan Rumah Produksi ini tidaklah mudah untuk itu Bupati meminta agar bangunan tersebut dijaga dan dirawat dengan baik, selain sudah menjadi trend dikalangan Penikmat Kopi, Komoditas Kopi ini juga telah menjadi penopang perekonomian bangsa.

Untuk mengembalikan Kejayaan Kopi Mandailing, Pemerintah Kabupaten Mandailing Natal juga saat ini telah mengupayakan pembukaan Lahan Perkebunan Kopi di daerah itu dengan melakukan Penataan Lahan Rakyat seluas 102 ribu hektar. Begitu juga dalam peningkatan Sumber Daya Manusia, saat ini Pemkab Madina sudah mendirikan SMK Kopi di Kecamatan Ulu Pungkut.

Tim Redaksi