Kegiatan Fasilitasi dan Koordinasi Dalam Rangka Pembangunan Rumah Tahan Gempa Bumi

Diskominfo – Madina. Bupati Mandailing Natal, Drs. H. Dahlan Hasan Nasution di wakili oleh Sekretaris Daerah Kabupaten Mandailing Natal, Drs. Syahnan Batubara, MM membuka Rapat Dalam Rangka Sosialisasi Fasilitasi dan Koordinasi Pembangunan Rumah Tahan Gempa di Kabupaten Mandailing Natal. Selasa (24/09/2019).

Sekretaris Daerah Kabupaten Mandailing Natal, Drs. Syahnan Batubara, MM, Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Mandailing Natal, Muhammad Yasir Nasution, S.Pdi. Aula Kantor Dinas Ketahanan Pangan, Komplek Perkantoran Payaloting Panyabungan, Kabupaten Mandailing Natal. Selasa (24/09/2019).

Sosialisasi dan Koordinasi ini terlaksana melalui Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Mandailing Natal yang berlangsung di Aula Kantor Dinas Ketahanan Pangan, Komplek Perkantoran Payaloting Panyabungan, Kabupaten Mandailing Natal.

Acara Sosialisasi ini turut dihadiri Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Mandailing Natal, Muhammad Yasir Nasution, S.Pdi beserta jajarannya, Instansi Terkait, Kepala OPD di lingkungan Pemerintah Kabupaten Mandailing Natal atau yang mewakili dan Para Undangan lainnya.

Daerah Mandailing Natal secara nasional masuk kategori Bencana PA dimana Bumi Mandailing Natal yang kita cintai ini baik di pandang menurut Kondisi Geografis, Geologis, Grologis dan Demokrafis mengandung berbagai potensi bencana banjir, gempa bumi, letusan gunung api, tanah longsor, tsunami, angin puting beliung, kebakaran hutan dan lahan (karhutla), bencana kekeringan dan gelombang pasang. hal ini dapat kita lihat dari jalur sepanjang bukit barisan yang rawan terhadap banjir dan tanah longsor seperti Kecamatan Ulu Pungkut, Kecamatan Batang Natal dan Kecamatan Lingga Bayu yang terdampak kerugian puluhan milliar rupiah dengan indeks bencana tertinggi di Kabupaten Mandailing Natal.

Jenis Bencana menurut UU No.24 Tahun 2007 tentang Penanggulangan Bencana:

  1. Bencana Alam
  2. Bencana Non Alam
  3. Bencana Sosial

Potensi Bencana di Kabupaten Mandailing Natal memiliki beberapa jenis potensi bencana:

  1. Bencana Banjir
  2. Bencana Gempa Bumi
  3. Bencana Letusan Gunung Api
  4. Bencana Tanah Longsor
  5. Bencana Tsunami
  6. Bencana Angin Puting Beliung
  7. Kebakaran Hutan dan Lahan
  8. Bencana Kekeringan
  9. Bencana Gelombang Pasang

Menurut UU No.24 Tahun 2007 tentang Penanggulangan Bencana, Defenisi Gempa bumi adalah getaran atau guncangan yang terjadi di permukaan bumi yang disebabkan oleh tumbukan antar lempeng bumi, patahan aktif, aktivitas gunung berapi atau runtuhan batuan.

Kerusakan lingkungan dan kerugian harta benda serta dampak fisikologis masyarakat dapat menghambat pembangunan. Bencana merupakan ancaman bagi masyarakat yang tidak bisa kita di prediksi kapan datangnya dan kapan berakhirnya. Tentunya kejadian bencana alam harus menjadi perhatian serius Pemerintah Kabupaten Mandailing Natal dalam upaya melakukan penanganan se-maksimal mungkin namun masih terdapat kelemahan dalam penanganan kejadian bencana khususnya dalam pengkajian yang tepat terhadap kerusakan dan kerugian yang ditimbulkan.

BPBD Kabupaten Mandailing Natal dalam melaksanakan kegiatan sosialisasi fasilitasi dan koordinasi pembangunan rumah tahan gempa di Kabupaten Mandailing Natal mulai tanggal 24-22-26 september 2019 sebanyak 60 orang peserta dari perwakilan aparatur pemerintahan, perusahaan swasta dan juga masyarakat serta bidang pembangunan fisik yang nantinya menjadi rekan pemerintah dalam membangun rehabilitasi perencanaan pendirian rumah tahan gempa di Kabupaten Mandailing Natal.

Tim Redaksi