Forkopimda Madina Bahas Perkembangan Investigasi Insiden Gas PT SMGP

Panyabungan, StartNews – Wakil Bupati Mandailing Natal (Madina) Atika Azmi Utammi Nasution memimpin rapat membahas insiden gas yang diduga H2S di lokasi sumur milik PT Sorik Marapi Geothermal Power (SMGP), Desa Sibanggor Julu, Kecamatan Puncak Sorik Marapi pada Minggu (6/3/2022).

Rapat yang disakan di Aula Kantor Bupati pada Rabu (16/3/2022) sore itu dihadiri Sekda Madina Gozali Pulungan, Ketua Tim Investigasi Forkopimda Madina Asisten I Alamulhaq Daulay, Kadis Kesehatan Dokter Syarifuddin Nasution, Ketua DPRD Madina Erwin Efendi Lubis, Kapolres Madina AKBP HM Reza Chairul AS, Pasi Intel Kodim 0212/TS, Camat Puncak Sorik Marapi Akhiruddin Batubara, Kepala Desa Sibanggor Julu Awaluddin, serta perwakilan PT SMGP.

Atika mengatakan rapat tersebut untuk mengetahui sejauh mana perkembangan investigasi yang dilakukan terkait insiden yang terjadi di Desa Sibanggor Julu. Atika menyampaikan, sebelumnya Forkopimda Madina telah melakukan rapat dengan Gubernur Sumatera Utara Edy Rahmayadi.

Dari hasil pertemuan dengan Edy Rahmayadi, kata Atika, telah disepakati beberapa poin, di antaranya Well Pad AAE-05 agar dihentikan pengoperasiannya untuk sementara waktu.

Atika menambahkan, tim investigasi dari Forkopimda Provinsi sudah dibentuk. “Hal yang dilakukan ini merupakan bentuk keseriusan Pemkab Madina dalam menyikapi insiden tersebut. Bagi Pemkab, keselamatan rakyat hukum tertinggi,” kata Atika.