Festival Nasyid Meriahkan Hari Jadi ke-23 Kabupaten Mandailing Natal

Panyabungan – Untuk memeriahkan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-23 Kabupaten Mandailing Natal (Madina), Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Madina mengadakan Festival Nasyid di Mesjid Agung Nur Ala Nur, Desa Parbangunan, Kecamatan Panyabunagan, Senin (7/3/2022).
Panitia festival nasyid, Mulia Gading, melalui Analis Kebijakan Bagian Kesra Bahruddin Juliadi mengatakan Festival Nasyid ini diikuti 18 grup. Kegiatan ini bertujuan menangkal masuknya budaya-budaya asing ke Madina dan upaya melaksanakan syiar-syiar agama Islam.
Sementara Ketua TP PKK Madina Hj. Eli Mahrani HM Jafar Sukhairi Nasution yang diwakili Linda Sahnan Pasaribu mengajak seluruh peserta Festival Nasyid agar memaknai nasyid tak sekadar soal bernyayi, tetapi juga memaknai syairnya.
“Seperti yang kita ketahui bahwa syair lagu nasiyd merupakan pesan nasehat Islami yang harus kita pahami secara baik, sehingga nantinya apa yang dinyanyikan dalam festival nasiyd ini menjadi pedoman hidup,” kata Linda.
Lebih lanjut, Linda mengatakan nasiyd merupakan lantunan syiar bernuansa Islami yang menjadi pemersatu, sehingga terjalin hubungan antara pemerintah dengan masyarakat dalam festival ini.
Linda mengatakan lantunan-lantunan syair dalam nyayian nasyid indah dan asyik didengar. “Nasyid ini sebenarnya sangat asyik,” ungkapnya.
Selain nasyid, menurut Linda, ada beberapa budaya yang menggambarkan Bumi Gordang Sambilan, yaitu marhaban. “Namun, saat ini yang diperlombakan hanya nasyid,” lanjutnya

Linda mengingtakan para peserta agar tidak ragu dan bimbang. Dia berharap peserta memberikan penampilan yang

terbaik

.