Dispora Madina Gelar Kegiatan Senam

Panyabungan – Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) Kabupaten Mandailing Natal (Madina) menggelar kegiatan senam bersama di Kantor Bupati Lama, Kelurahan Dalanlidang, Kecamatan Panyabungan, Jumat (11/2/2022). Kegiatan olahraga ini juga dihadiri Ketua TP-PKK Madina Ny. Eli Mahrani HM Ja’far Sukhairi Nasution.

Dispora Madina menggagas program senam bersama ini untuk seluruh pegawai Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Madina. Namun, Dispora juga mengundang TP-PKK Madina mengikuti kegiatan senam bersama ini agar mendapatkan kesehatan dan kebugaran dari berolahraga.

Kepala Dispora Madina Rahmad Hidayat mengatakan program senam tersebut merupakan program lama yang diaktifkan kembali. Rencananya, kegiatan senam ini dilaksanakan secara rutin sekali dalam sepekan, tepatnya setiap hari Jumat.

Dispora memang terpaksa menghentikan program senam bersama sejak pandemi Covid-19 melanda. “Program ini sebenarnya program lama. Namun, tiga tahun ini nggak kita laksanakan karena Covid-19,” kata Rahmad.

Sebelumnya, kata Rahmad, program senam biasanya diadakan di dua tempat, yaitu Jumat pagi bagi seluruh pegawai di lingkungan Pemkab Madina dan hari Minggu pagi untuk masyarakat umum.

Namun, kata Rahmad, untuk tahun ini Dispora belum mengaktifkan kembali senam untuk masyarakat umum lantaran pandemi Covid-19 belum berakhir.

“Kita belum bisa laksanakan untuk masyarakat, karena melihat pandemi Covid-19 masih bahaya. Jadi, kita belum laksanakan lagi untuk masyarakat,” kata Rahmad.

Rahmad menjelaskan program senam bersama bertujuan untuk meningkatkan kebugaran para pegawai Pemkab Madina. “Kita ingin meningkatkan kebugaran seluruh pegawai Pemkab Madina, karena dengan berolahraga, kami harap seluruh pegawai kita akan sehat,” ujarnya.

Menurut dia, durasi senam sekali dalam sepekan masih kurang. Meski demikian, Rahmad berharap program senam ini dapat memotivasi seluruh pegawai Pemkab Madina agar dapat melaksanakan olahraga mandiri setiap hari.

Gerakan-gerakan senam yang diberikan pada Jumat pagi tersebut bisa diterapkan di rumah. “Gerakan senamnya bisa diterapkan juga di rumah. Bisa dilakukan pada pagi dan sore hari,” lanjutnya.

“Kami juga mengundang PKK Madina untuk hari ini dan seterusnya. Kami harap bisa selalu datang agar sama-sama mendapatkan kesehatan dan kebugaran dari berolahraga,” imbuh Rahmad. (*)