Bupati Madina Berziarah ke Makam Wali Songo

Jatim, Diskominfo – Bupati Mandailing Natal (Madina) HM Jafar Sukhairi Nasution dan keluarga berziarah ke makam sejumlah Wali Songo di Jawa Timur, Minggu (5/6/2022).

Makam para Wali Songo yang diziarahi Bupati Madina diantaranya, makam Sunan Ampel atau Raden Rahmat, makam Sunan Gresik atau Maulana Malik Ibrahim, makam Sunan Giri atau Raden Paku, dan makam Al Habib Abubakar bin Muhammad Assegaf

Wali Songo, julukan yang diberikan kepada tokoh-tokoh Islam yang sangat dihormati di pulau Jawa.

Mengutip dari akun instagram @jafarsukhairi, Sukhairi menuliskan ziarah ke makam para ulama dan wali-wali Allah SWT akan mendatangkan keberkahan bagi para peziarah untuk menyadarkan umat manusia tentang kealiman dan kesalehan orang yang berada di dalam kubur.

Menurut Sukhairi, ada beberapa manfaat berziarah ke makam para ulama. Pertama, ziarah akan menjadikan seseorang mengenal kematian. Sehingga semasa hidupnya akan selalu ingat kepada Allah SWT serta dijauhkan sari berperilaku sombong di muka bumi.

Kedua, sebagai pelajaran sejarah, meneladani apa yang telah dilakukan para wali dalam menjalankan ibadah kepada Allah SWT dan menyebarkan ajaran Islam.

Ketiga, memberikan ketenangan hati ketika berada di makam para wali saat berzikir. Sudah ribuan orang mendapatkan ketentraman hati saat berzikir di sekitar makam Wali Songo. Oleh karena itu, banyak orang yang hampir setiap tahun berzikir ke makam waliyullah untuk menenteramkan hati.

Bukan hanya berziarah, Sukhairi bersama keluarga juga bertemu dengan keluarga dari Habib Assegaf.