Bupati Mandailing Natal Lantik Kepengurusan Tim Penggerak PKK Kabupaten Mandailing Natal

Panyabungan,- Bertempat di Gedung Serbaguna milik Pemerintah Kabupaten Mandailing Natal, Bupati Mandailing Natal, H. M. Jafar Sukhairi Nasution hari ini melantik sekaligus mengukuhkan Kepengurusan Tim Penggerak (TP) PKK Kabupaten Mandailing Natal, Jumat, (13/08). Tampak hadir dalam acara pengukuhan tersebut diantaranya Wakil Bupati Mandailing Natal , Atika Azmi Utammi, B.App, Fin, M.Fin., Sekretaris Daerah Kabupaten, Gozali Pulungan, para Asisten Setdakab serta pimpinan Organisasi Perangkat Daerah (OPD) Kabupaten Mandailing Natal.

Hj. Eli Mahrani Jafar Sukhairi Nasution setelah dikukuhkan menjadi Ketua TP PKK Kabupaten Mandailing Natal dalam sambutannya menyampaikan ucapan terima kasih kepada Bupati Mandailing Natal yang telah meluangkan waktu untuk melantik kepengurusan TP PKK Kabupaten Mandailing Natal.

“Atas nama pengurus TP. PKK Kabupaten Mandailing Natal, kami mengucapkan terimakasih kepada Bupati Mandailing Natal atas kesediaannya melantik Kepengurusan TP PKK dan kami memohon doa restu agar Bupati dan Wakil Bupati Mandailing Natal senantiasa menyertai dan membimbing kepengurusan sehingga TP PKK Madina dapat menjalankan tugas-tugas PKK dengan sebaik-baiknya untuk kesejahteraan keluarga dan masyarakat Mandailing Natal.” Ucap Ketua TP PKK Kabupaten Mandailing Natal mengawali sambutannya.

Selaku Ketua TP PKK yang baru dikukuhkan, Hj. Eli Mahrani Jafar Sukhairi Nasution, menjelaskan jika Ketua TP. PKK Provinsi Sumatera Utara dalam amanatnya pada acara pelantikan Ketua TP PKK dan Ketua Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) beberapa waktu lalu di medan, mengingatkan kepada Kepengurusan TP PKK Tingkat Kabupaten untuk dipahami tugas dan fungsinya dalam memegang peran penting untuk mewujudkan dukungan kepada kepala daerah karena TP. PKK adalah mitra kerja pemerintah yang harus mendukung seluruh program pemerintah dalam berbagai bidang.

“Sebagai Wujud dan peran strategis PKK terlihat dari 10 program yang bersinergi, berkolaborasi dan selaras dengan program yang dilaksanakan pemerintah. untuk itu, saya selaku Ketua Tim Penggerak PKK berharap kepada semua pihak untuk membantu dan bekerjasama agar dapat melaksanakan program kerja dalam rangka membina keluarga dan masyarakat, dan saya mengingkan kepengurusan Tim Penggerak PKK Kabupaten yang baru saja dilantik supaya selalu kompak dalam bekerja, menjalin berkomunikasi secara baik dan berkoordinasi dengan mitra kerja PKK pada semua lini,” sambung Ketua TP PKK Kabupaten Mandailing Natal.

Dalam sambutannya, Hj. Eli Mahrani Jafar Sukhairi Nasution juga mengajak seluruh komponen masyarakat untuk bersama-sama memberikan dukungan penuh dan berkomitmen untuk melaksanakan pemberdayaan keluarga melalui 10 program pokok PKK dengan menerapkan pola rentang kali pembinaan sesuai dengan tingkatan wilayah masing-masing untuk mewujudkan visi dan misi Bupati dan Wakil Bupati Mandailing Natal yaitu “Visi Akselerasi Pembangunan Menuju Mandailing Natal yang Mandiri, Kompetitif, Berkeadilan dan Bermartabat”.

Program kerja yang sudah menanti menurut Ketua TP PKK Kabupaten Mandailing Natal adalah peningkatan sumber daya manusia diantaranya membekali para kader PKK dengan ilmu pengetahuan pelatihan dan keterampilan sesuai dengan tugas pokoknya yang diselaraskan dengan penguasaan teknologi informasi terutama berkaitan dengan pencatatan, pendataan, pelaporan dan pengarsipan. Selain itu pembentukan kepengurusan TP PKK Kecamatan juga akan segera dilaksanakan.

Disamping itu, Hj. Eli Mahrani Jafar Sukhairi Nasution juga meminta agar latihan keterampilan kelompok dasawisma terus dikembangkan sehingga potensi sumber daya di desa dan kearifan lokal dapat dikembangkan sebagai sumber ekonomi untuk ketahanan keluarga. Kemudian upaya pencegahan stunting dapat dilaksanakan secara bertahap dan berkesinambungan melalui pembinaan pola asuh dalam keluarga serta menyuarakan gerakan Ayo ke Posyandu.

Sementara itu, Bupati Mandailing Natal, H. M. Jafar Sukhairi Nasution dalam sambutannya memberikan selamat atas dikukuhkannya kepengurusan TP PKK Kabupaten Mandailing Natal, dan berharap kepengurusan yang baru dikukuhkan tersebut dapat memberikan kontribusi dan sumbangsih secara nyata dan pro aktif dalam mendukung kinerja pemerintahan, dan mulai merampungkan kepengurusan PKK di tingkat kecamatan sampai ke tingkat Desa.

Orang nomor satu di Kabupaten Mandailing Natal tersebut juga menjelaskan bahwa dalam suasana pandemi ini, gerakan ayo bertani merupakan salah satu upaya untuk mencegah munculnya kluster-kluster baru, karena dengan rajin bertani akan meningkatkan imun dan pola hidup yang sehat, program pendapatan keluarga juga bisa meningkat, dan keberlangsungan kehidupan pun semakin tertata dengan baik. Dengan program baru Pemerintah Daerah Mandailing Natal yaitu “Mari Bertani” ini mudah-mudahan ketahanan dan ketersediaan sandang pangan bisa teratasi dengan baik.

“Saya berharap, sektor pertanian ini merupakan program utama kita, karena dalam melewati masa pandemi ini, sandang pangan merupankan kebutuhan pokok kita, ayo kita galakkan semangat “Mari Bertani”, ” Ucap Bupati Mandailing Natal yang tampil elegan dengan setelan jasnya yang berwarna navy.

“Semoga kepengurusan TP PKK Kabupaten Mandailing Natal ini dapat membantu memberikan pikiran, mendampingi para suami utamanya, juga dapat menambah penghasilan perekonomian keluarga. Selanjutnya saya berharap kepada kepengurusan TP PKK Kabupaten Mandailing Natal yang baru dilantik agar tetap semangat dan optimis dalam menjalankan program kerjanya, karena kunci kebangkitan suatu daerah itu diawali dari keluarga, jadi keluarga merupakan ujung tombak dari sebuah kemajuan suatu daerah.” Ujar Bupati Mandailing Natal penuh semangat.