BPBD Kab. Mandailing Natal Siapkan Tim Rescue Penanggulangan Bencana Di Kec. Lingga Bayu

Diskominfo – Madina. Visi BPBD Kabupaten Mandailing Natal yaitu keadaan yang ingin diwujudkan BPBD pada akhir periode Rencana Strategis Badan Penanggulangan Bencana Daerah sesuai dengan tugas dan fungsi guna mendukung pernyataan visi kepala daerah dan wakil kepala daerah dalam rencana pembangunan jangka menengah daerah. Badan Penanggulangan Bencana Daerah Kabupaten Mandailing Natal menetapkan visi yaitu “Mandailing Natal yang Tanggap, Tangkas dan Tangguh dalam menghadapi Bencana”. Demi mewujudkan visi Badan Penanggulangan Bencana Daerah Kabupaten Mandailing Natal dalam hal ini dilaksanakannya Pelatihan Penanggulangan Bencana dan Sosialisasi Cegah Karhutla di Kecamatan Lingga Bayu tepatnya Kelurahan Simpang Gambir. Rabu (25/09/2019)

Kecamatan Lingga Bayu merupakan salah satu daerah yang rawan bencana di Kabupaten Mandailing Natal dilihat dari Letak dan Geografis Kecamatan Lingga Bayu, yaitu Luas Wilayah, 192,67 Km², Ketinggian di atas Permukaan Laut, 500-7000 Meter. Sedangkan Topografi dan Letak Geografis Desa/ Kelurahannya, Dataran dan Lereng/Punggung Bukit.

Bencana menurut Undang-undang Nomor 24 Tahun 2007 adalah peristiwa atau rangaian peristiwa yang mengancam dan mengganggu kehidupan dan penghidupan masyarakat yang disebabkan, baik oleh faktor alam atau faktor nonalam mamupun faktor manusia sehingga mengakibatkan timbulnya korban jiwa manusia, kerusakan lingkungan, kerugian harta benda dan dampak psikologis.

Pelatihan Penanggulangan Bencana dan Sosialisasi Cegah Karhutla di Kecamatan Lingga Bayu ini dihadiri oleh Camat Lingga Bayu, Drs. Kamal Khan beserta jajarannya, Lurah Simpang Gambir, H. Amrin Nasution, Sekretaris Lurah Simpang Gambir, Tokoh Agama, Tokoh Masyarakat, PNNB Lingga Bayu dan masyarakat.

Pelatihan Penanggulangan Bencana dan Sosialisasi Cegah Karhutla di Kecamatan Lingga Bayu dengan mengangkat thema “Tim Rescue Penanggulangan Bencana yang Siap dan Tangguh”. Narasumber Pelatihan Penanggulangan Bencana dan Sosialisasi Cegah Karhutla di Kecamatan Lingga Bayu, Kepala Bidang Kedaruratan dan Logistik BPBD Kabupaten Mandailing Natal, Mulia Raja, ST, MM dan Dinas Pemadan Kebakaran Kabupaten Mandailing Natal.

Latarbelakang terlaksananya kegiatan ini atas undangan masyarakat kelurahan Simpang Gambir sekaligus mensosialisasikan himbauan pencegahan kebakaran hutan dan lahan (Karhutla) kepada masyarakat simpang gambir.

Tujuan penyelenggaraan kegiatan ini adalah untuk meningkatkan pengetahuan dan keterampilan mengenai kesiapsiagaan masyarakat terhadap pra bencana, sehingga dapat mengurangi resiko apabila terjadi bencana gempa bumi, kemudian dibentuknya Tim Rescue Penanggulangan Bencana yang Siap dan Tangguh di Kecamatan Lingga Bayu. Dengan adanya tim rescue ini diharapkan masyarakat maupun tim rescue kedepannya memiliki daya antisipasi, memiliki daya proteksi dengan mengangkis dan menghindari dan memiliki daya adaptasi.

Tim Redaksi